Sabtu, 24 Maret 2012

Membuat Foto Timelapse Dengan Ponsel Anda

Anda penggemar seni fotografi timelapse dan ingin membuatnya sendiri? Kali ini saya akan share sebuah aplikasi java yang akan membuat ponsel anda bertindak sebagai kamera timelapse yang otomatis mengambil rentetan gambar dalam interval yang bisa anda set sesuai keinginan.

Mungkin sebelumnya anda bayangkan untuk melakukan timelapse harus menggunakan kamera DSLR dengan intervalometer plus tripod untuk menjagakamera tetap stabil. Namun, dengan bermodal ponsel saja anda telah bisa melakukan timelapse yang tak kalah dengan timelapse pada kamera DSLR.

Nama aplikasinya LifeCapture, yang bisa anda download secara gratis dihomepage authornya. Selain menyediakan aplikasi, disana juga diberikansample-sample video timelapse yang dibuat tentunya dengan software LifeCapture.

Berikut sample foto GIF dari timelapse yang saya lakukan dengan ponsel jadul k750i. Dikarenakan ponsel ini termasuk kategori ponsel lama, maka total maksimal frame yang bisa dicapture hanya kurang dari 50 frame saja. Dan foto-foto akan di save setelah semuanya di capture. Untuk ponsel yang lebih baru sudah unlimited frame dan foto yang di jepret akan langsung di save.

http://i.imgur.com/PluZs.gif

Jika anda kreatif, bisa juga membuat sebuah film pendek dengan style stop motionkarena aplikasi ini memungkinkan anda untuk membuatnya. Syarat mutlak paling posisikan ponsel anda ditempat yang statis supaya hasilnya tidak goyang.

LifeCapture merupakan aplikasi berbasis java yang pastinya kompatibel dengan ponsel-ponsel sekarang. Cuma disana disediakan versi khusus sony ericsson, yang pastinya memiliki kelebihan tersendiri dibanding versi biasa.

Sample video timelapse yang dijepret via LifeCapture:


Nah, hasil output dari aplikasi ini adalah dalam bentuk file PNG. Untuk membuatnya menjadi sebuah video tentu anda membutuhkan software yang mengubah imagesequence menjadi video.
Anda bisa mencoba software gratis JPG to Video atau virtualdub. Pastinya file PNG tersebut harus anda convert dulu ke JPG supaya bisa di proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar